Minggu, 09 Juli 2017 06:07

Azzam Saayaaang Allah

Beri nilai item ini
(0 penilaian)
Azzam saat sedang antri menunggu giliran diperiksa dokter fisioterapi Azzam saat sedang antri menunggu giliran diperiksa dokter fisioterapi hiola.id

Kita, orang tua tidak hanya mengajarkan anak banyak hal tentang kehidupan, tetapi juga tak sedikit, menerima pelajaran dan hikmah justru dari anak-anak kita yang masih kecil dan lugu. Ya, kita belajar dari anak-anak kita.

Seperti yang anak saya, azzam ajarkan padaku, saat bangun tidur dia memeluk saya dan sambil tersenyum dia berkata, "Azzam Saayaang Allah..". Sayapun bertanya "Kenapa nak..?", Azzam menjawab, "karena jari-jari Azzam sudah bisa digerak-gerakan.." sambil menggerak-gerakan jari dan tersenyum, padahal bagian sendi lengan atasnya masih bengkak besar, hingga sulit untuk dia gerakkan. Sore sebelumnya, sendi lengan atas Azzam bengkak karena keseleo akibat terjatuh. Bengkaknya cukup besar, dan membuatnya tak bisa banyak menggerakan tangannya, bahkan disaat tidurpun, ketika bengkak di tangannya disentuh, dia akan terbangun sambil meringis kesakitan. Dan tangannya yang sakit ini cukup membuat dia tak bisa tertidur nyenyak karena kesakitan.

Pelajaran besar yang saya dapatkan dari Azzam pagi itu adalah bersyukur, bahkan disaat masalah besar menimpa kita. Kita cenderung melihat masalah secara keseluruhan, lalu bersedih karenanya, bersusah hati mengapa Allah memberikan kita masalah atau kesakitan yang besar. Padahal, sebesar-besarnya sebuah masalah, masih jauh lebih besar lagi karunia dan nikmat Allah yang diberikan Nya untuk kita. Bahkan masalah dan sakit adalah bagian dari karunia Allah, jika kita bersabar dan memohon ampunan Nya, sehingga menjadi jalan pengampunan dosa-dosa kita. Beberapa hadits diantaranya :

Tidaklah seorang muslim tertimpa dengan suatu penyakit dan sejenisnya, melainkan Allah akan mengugurkan bersamanya dosa-dosanya seperti pohon yang mengugurkan daun-daunnya (HR Bukhari-Muslim)

Tidaklah seseorang muslim ditimpa keletihan, penyakit, kesusahan, kesedihan, gangguan, kegundahan, hingga duri yang menusuknya, melainkan Allah akan menghapuskan sebagian dari kesalah-kesalahannya (HR Bukhari)

Kita, saya terutamanya, ketika mendapat sakit dan masalah, hanya fokus pada sakit dan masalah tersebut, tapi melupakan bagaimana hal lain tetap Allah berikan sebagai karunia Nya untuk kita. Ketika tangan kita sakit, kita lupa betapa sehatnya kaki-kaki kita. Ketika kita mendapat suatu masalah, kita habiskan energi untuk masalah itu, bersusah hati, kita lupa ternyata banyak masalah lainnya yang dimudahkan Allah untuk kita.

Terima kasih anakku Azzam, semoga Allah senantiasa melindungimu di jalan Nya, memberikan kekuatan untukmu dalam menjalani setiap langkah kehidupanmu.. Aamiin Allahumma aamiin..

Baca 291 kali
Ayah Azzam

Seorang Suami dan Ayah yang tak sempurna..

chaerollah.hiola.id

Tinggalkan komentar

Pastikan informasi yang bertanda (*) telah diisi. Kode HTML tidak diizinkan.